Tuesday, April 24, 2018

4 Alasan Untuk Membatasi Sosial Media Anda

Berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk mengecek handphone Anda?

Media sosial seperti semua alat pada umumnya, mempunyai 2 sisi yaitu: baik dan buruk. Akan tetapi masih banyak orang yang belum memanfaatkan media sosial dengan baik.

Menurut penelitian dari Digital GFK Asia orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sampai 5,5 jam/hari untuk bermain handphone. Coba Anda pikirkan hal apa saja yang bisa Anda lakukan dengan waktu selama itu?

Memang aktif di media sosial itu menyenangkan. Tetapi jika membuat Anda kecanduan lalu susah fokus dan mengganggu produktivitas, untuk apa? Anda terus mengecek handphone meskipun tidak ada notifikasi.

1. Terisolasi dari dunia nyata

Anda sedang berkumpul dengan teman-teman Anda, tapi Anda malah sibuk sendiri dengan smartphone Anda. Hal tersebut tentu tidak baik untuk hubungan Anda, Anda terkesan tidak menghargai momen dan cenderung tidak perduli dengen sekitar.

2. Terbelenggu Standar Semu

Anda terus berusaha untuk selalu up to date, nongkrong di cafe hits yang interiornya keren untuk latar selfie, ke tempat wisata hits kekinian agar foto Anda mendapat ratusan likes di Instagram. Jika tujuan Anda tidak tercapai, Anda merasa kesal dan kecewa.

3. Tidak Bersyukur

Anda selalu saja membandingkan apa yang Anda punya dengan orang lain. Anda merasa pencapaian orang lain adalah kegagalan Anda. Padahal bisa saja itu hanya 1 sisi dari sekian banyak yang mereka tampilkan.

4. Kepo terhadap hidup orang lain

Dengan adanya media sosial stalking menjadi lebih mudah. Anda lebih peduli dan fokus terhadap hidup orang lain. Padahal hal tersebut sama sekali tidak membawa manfaat dan perubahan dalam hidup Anda.



Jika Anda merasakan 4 hal yang saya sebutkan di atas, sebaiknya hapus semua media sosial Anda. Memang tidak mudah melakukan suatu hal yang telah menjadi bagian dari hidup Anda.

Tapi, Anda bisa mengubah kecanduan Anda terhadap media sosial yang awalnya destruktif menjadi lebih produktif. Anda dapat melakukan sesuatu yang berdampak nyata terhadap hidup Anda.

Jika Anda terbiasa stalking akun artis selama berjam-jam, lebih baik gunakan waktu berharga Anda untuk stalking toko online sukses di Instagram. Lalu amati dan jadikan role model untuk toko online Anda yang Anda bangun.

No comments:

Post a Comment