Sumber Gambar : http://catatanterbaikku.blogspot.com

Anggaplah sebuah blog sebagai manusia. Jika konten adalah jiwanya, maka template adalah raganya. Jika ada jiwa tanpa raga maka itu adalah .........???? Begitu pula dengan blog. Jika kontennya bagus tapi template nya tidak baik maka blog tersebut belum lengkap. Oleh karena itu, setelah membuat blog, seorang blogger sebaiknya mengganti template default blog dengan template yang lebih baik. Template default sebenarnya bukan tidak baik, tetapi kita butuh template lain untuk terlihat lebih profesional.

Beberapa blogger masih belum mengetahui cara untuk mengganti template. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas tentang cara mengganti template blog (khususnya di blogspot). Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, carilah template blog yang sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa mendapatkannya di situs-situs seperti btemplates.com, webdesignrazzi.com, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa mencari di Google atau Bing. Setelah itu, pilihlah template yang kamu inginkan, kemudian download atau unduh ke komputer kamu. Jika file template tersebut terkompresi dalam format Zip atau Rar, maka kamu harus mengestraknya setelah download file template berhasil.

Selanjutnya, masuk ke dashboard blogger kamu dan pilih blog yang akan diganti templatenya. Klik Template yang ada di sisi kiri halaman blogger.


Setelah itu, klik tombol Cadangkan/Pulihkan di sudut kanan atas halaman.

Lalu akan muncul kotak dialog Cadangkan / Pulihkan. Sebelum mengutak-atik template blog, sebaiknya kamu backup template yang hendak kamu ganti untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu ingin menggunakannya kembali. Untuk backup template, silahkan kamu klik tombol Unduh Template Lengkap.

Apabila proses download telah selesai, langkah selanjutnya adalah mengunggah (upload) template yang baru. Untuk mengunggah template baru tersebut, klik tombol Browse. Selanjutnya, pilih file template barunya (format file harus XML). Terakhir, klik tombol Unggah.

Demikianlah cara mengubah template blog di blogspot. Mudah-mudahan dengan perubahan template yang kamu lakukan, visitor blog kamu pun terus meningkat. Aaaaamiin :D



Artikel ini diolah dari http://www.techabrel.com/2014/04/how-to-change-blogger-template-and-install-a-custom-one.html