Kualitas kamera pada smartphone semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Dengan megapiksel yang tinggi dan stabilisasi gambar yang dihasilkan, semakin banyak orang yang lebih memilih memanfaatkan smartphone untuk berfoto daripada menggunakan kamera digital.

Karena kebanyakan orang telah menggunakan smartphone Android untuk mengambil gambar, maka pada artikel ini kami hendak merekomendasikan 10 aplikasi keren dan gratis untuk mengedit foto / gambar yang kamu dapat gunakan untuk meningkatkan kualitas foto yang kamu ambil.

1. PicsArt – Photo Studio

PicsArt adalah salah satu apilkasi pengedit foto paling populer. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna (lebih dari 100 juta) yang telah menginstal aplikasi tersebut pada androidnya. Aplikasi ini terdiri dari photo editor (pengedit foto), drawing tool (alat menggambar), photo grid (grid foto), dan masih banyak lagi.
Aplikasi ini menyediakan banyak sekali pilihan untuk mengedit foto dan berbagai macam efek, bingkai, stiker, jenis teks, dan lain-lain. Aplikasi ini cocok untuk menyalurkan kreativitas kamu dengan mengedit foto. Selain itu, PicsArt juga memiliki layanan sosial media sendiri yang memungkinkan kamu untuk berbagi gambar dengan teman-teman kamu.

2. Snapseed

Snapseed adalah sebuah aplikasi pengedit foto yang keren, dibuat oleh pengembang perangkat lunak ternama, Nik Software Inc., yang merupakan produsen software populer seperti Adobe Photoshop dan Lightroom.
Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengubah dan meningkatkan kualitas foto kamu dengan menggunakan fitur-fitur yang sangat canggih seperti auto correct, selektive adjust, dan fitur tune image.
Fitur Auto Correct dapat meningkatkan kualitas warna, paparan dan kontras dalam satu ketukan. Fitur Selektif Adjust memungkinkan kamu menyorot dan fokus pada objek atau area tertentu. Sedangkan Fitur Tune Image digunakan untuk memperbaiki kecerahan, bayangan, keseimbangan putih, saturasi dan efek-efek lainnya. Snapseed dulunya adalah sebuah aplikasi berbayar, tetapi setelah Google mengakuisisi Nik Software maka Snapseed sekarang gratis dan telah terintegrasi dengan Google+.

3. Pixlr Express

Pixlr Express adalah salah satu aplikasi pengedit foto terbaik, dikembangkan oleh Autodesk Inc dan dapat diperoleh secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan kamu memotong gambar, mengubah ukuran, menghilangkan mata merah, dan memutihkan gigi pada foto.
Masih banyak tools (alat) lain yang dapat kamu gunakan. Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur Auto Fix yang dimilikinya. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menyesuaikan kecerahan, warna, eksposur, kontras, dll secara otomatis hanya dengan sekali klik.

4. Aviary

Aviary adalah sebuah aplikasi pengedit foto yang memungkinkan penggunanya mengedit foto mereka secara cepat dengan menggunakan auto enhance tool (alat untuk meningkatkan kualitas foto secara otomatis) hanya dengan sekali ketukan.
Aviary juga memiliki tools yang dapat menghilangkan cacat atau noda pada foto, memutihkan gigi, dan menghilangkan mata merah. Aviary adalah aplikasi yang cocok digunakan untuk memperbaiki kualitas gambar.

5. Pixlr-o-matic

Pixlr-o-matic merupakan editor foto yang menarik dengan berbagai macam efek, filter, dan bingkai. Namun, aplikasi ini lebih dikenal karena filter-filter fotonya. Dengan filter-filter tersebut, kamu bisa mengedit fotomu semaksimal mungkin.
Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak bisa menggunakan lebih dari satu filter pada setiap kategori filter. Namun hal tersebut masih bisa diakali dengan menyimpan foto tersebut kemudian membukanya kembali. Meski memiliki kekurangan, namun aplikasi ini masih merupakan editor foto yang sangat baik.

6. Befunky Photo Editor

Befunky adalah salah satu aplikasi pengedit foto terbaik untuk Android. Aplikasi ini menyediakan semua alat yang baik digunakan untuk mengedit foto disertai dengan beberapa efek tambahan yang tidak akan kamu temukan pada aplikasi kamera Android lainnya.
Befunky juga menyediakan berbagai macam bingkai foto seperti Polaroid, Filmstrip, dan Halftone untuk membuat foto kamu terlihat stylish.
Hal menarik lainnya dari aplikasi tersebut adalah pengguna dapat menambahkan efek dalam jumlah yang tak terbatas pada foto untuk membuatnya terlihat seperti apa yang mereka inginkan.
Befunky juga dapat berjalan dengan baik pada tablet, dan tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

7. Cymera

Cymera adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk dapat digunakan sebagai kamera maupun pengedit gambar. Aplikasi ini memiliki semua yang kamu harapkan dari sebuah kamera dan editor foto smartphone untuk membantu kamu dalam menangkap dan mengedit gambar.
Cymera menawarkan berbagai macam filter ulung, mode bidikan (shooting modes), deteksi wajah (face detection), efek kolase, dan lebih dari 800 pilihan dekorasi.

8. Picsay

Picsay adalah aplikasi editor foto yang mengombinasikan fitur-fitur dasar editing dengan beberapa tambahan untuk menghasilkan gambar yang menarik. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah Distort, Dizziness, Invert, Pixelate, Rainbow dan Spotlight.
Bersama dengan fitur ini, Picsay juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan Word Balloons, teks dan stiker. Kemampuan untuk membuat Word Balloons benar-benar membuatnya berbeda dari aplikas-aplikasi lainnya. Selain itu, kamu dapat mengatur kontras, kecerahan, eksposur, dan juga efek artistik.
Picsay tersedia dalam versi gratis maupun berbayar di Google play store.

9. VSCO Cam

VSCO Cam adalah aplikasi yang menawarkan berbagai tools pengedit foto yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit dan menyesuaikan foto mereka secara maksimal. VSCO Cam memiliki tools seperti crop (untuk memotong gambar), rotate (untuk memutar gambar), serta tool-tool lainnya yang dapat digunakan untuk mengatur ketajaman, kecerahan, kontras, dll. VSCO Cam juga memiliki banyak filter keren untuk memperindah foto kamu.
Seperti halnya Picsart, VSCO Cam juga memiliki komunitasnya sendiri di mana pengguna dapat bergabung dan berbagi foto-foto yang telah mereka edit.

10. Photo Editor Pro

Aplikasi ini memiliki fitur auto enhance (fitur untuk meningkatkan kualitas foto secara otomatis) yang dapat digunakan dengan sekali ketukan (tap). Fitur-fitur lainnya dari aplikasi ini adalah color splash (percikan warna), filter, frame (bingkai), dan fitur-fitur dasar seperti crop, rotate, color balance (keseimbangan warna), dan penghilang efek mata merah.
Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki banyak efek keren untuk mempercantik foto kamu seperti Avenue, Arizona, Clyde, Dean, Haas, Lucky, Sage, dan masih banyak lagi.
Seperti kebanyakan aplikasi pengedit foto, Photo Editor Pro juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan stiker, membuat meme, dan menambahkan gambar pada foto yang diedit.
Setelah kamu mengedit fotomu, kamu juga bisa membagikan foto-foto tersebut pada sosial media seperti Facebook dan Twitter. Dan jangan khawatir!!! Photo Editor Pro tersedia secara gratis di Play Store. Kamu cukup menginstal aplikasinya dan setelah itu kamu bisa menikmati semua fitur menarik yang ditawarkan oleh Photo Editor Pro.


Gimana?

Keren-keren kan aplikasinya?

Semoga saja yah setelah kamu menggunakan aplikasi di atas, foto / gambar kamu menjadi jauh lebih indah dan menarik. Dan Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, kamu bisa share ke teman-teman kamu ya... Oke? :D



Artikel ini diolah dari http://www.androidtipsz.com/10-best-free-photo-editing-apps-for-android

Sumber Gambar : http://www.androidtipsz.com/