Sumber Gambar : http://itekno.review/

Apakah kamu sedang berencana untuk menjual smartphone atau tablet lamamu?Jika ya, maka kamu wajib untuk membaca tulisan ini sampai selesai. 

Ada beberapa hal penting yang musti kamu lakukan sebelum menjual smartphone atau tablet agar segala privasi yang kamu miliki di dalam perangkat tersebut tidak diketahui oleh orang lain dan juga agar perangkat tampak seperti baru kembali. Beberapa hal yang musti kamu lakukan adalah sebagai berikut:

MENGELUARKAN KARTU SIM

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan sebelum memberikan perangkat ke orang lain adalah mengeluarkan kartu sim. Meskipun kamu memiliki kartu sim lain atau berniat membeli yang baru, namun sim lama kamu pasti memiliki banyak kontak penting yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, mengambil kartu sim merupakan hal yang sangat penting.

MENGAMBIL MEMORY CARD

Jika smartphone kamu memiliki memory card, jangan lupa untuk mengambilnya. Tapi sebelum mengeluarkan memory card tersebut dari perangkat, jangan lupa untuk memindahkan semua file-file penting yang tersimpan dalam penyimpanan telepon ke memory card.

BERSIHKAN DATA-DATA YANG ADA PADA SMARTPHONE

Hal selanjutnya yang musti dilakukan adalah membersihkan data-data dari smartphone yang hendak dijual atau diberikan. Cara paling simpel untuk hal ini yaitu dengan melakukan factory reset. Masuk ke menu Setting, pilih bagian backup and reset, kemudian factory reset. Namun, sebelum melakukan factory reset tersebut, kamu sebaiknya telah memiliki back up data yang akan terhapus dari perangkat. Adapun data-data yang akan terhapus adalah:
1.     Pengaturan akun Google
2.     Data konfigurasi dan aplikasi
3.     Aplikasi yang pernah diinstal
4.     Musik, foto, dan lain sebagainya.
Pada dasarnya, setelah factory reset dilakukan, data-data hp akan seperti saat baru dibeli.

BERSIHKAN JUGA BAGIAN LUAR PERANGKAT

Setelah mengembalikan data-data hp seperti baru, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian luar perangkat. Kamu mungkin tidak bisa menghilangkan bekas goresan yang ada, tapi setidaknya kamu bisa membersihkan bekas-bekas tangan yang ada pada perangkat sehingga perangkat smartphone yang akan dijual terlihat lebih kinclong dan menarik pembeli.

MASUKKAN SMARTPHONE KE DALAM BOX

Jika kamu masih menyimpan box (kotak) dan barang-barang bawaan smartphone yang hendak kamu jual seperti charger USB, headset, dll, maka itu adalah langkah yang benar. Masukkan perangkat yang hendak kamu jual tersebut ke dalam box beserta semua perlengkapannya.

Itulah lima hal yang musti kamu lakukan sebelum menjual android atau smartphone kamu. Mudah-mudahan cara yang telah dijeaskan di atas bisa membantu kamu untuk cepat mendapatkan pembeli ya? Aaaaamiin.

Artikel ini diolah dari https://www.androidpit.com/how-to-sell-phone-second-hand