Sumber Gambar : http://aribowo.net

Bahasa Inggris telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Misalnya, dalam penulisan pesan singkat (SMS). Dalam penulisan sms tersebut, Bahasa Inggris sering kali disingkat agar lebih mudah dan cepat ketika diketik. Oleh karena itu, bagi kamu yang sering SMS-an dalam Bahasa Inggris maka tidak ada salahnya jika kamu mengetahui singkatan-singkatan kosakata Bahasa Inggris yang umum digunakan dalam membuat pesan singkat.

Untuk menyingkat kata, biasanya orang-orang mengombinasikan huruf, tanda baca, dan angka. Berikut adalah contoh kata-kata Bahasa Inggris dalam penulisan pesan singkat (SMS):

  1. There = Dere/Tere
  2. Thank you = Thnx/Thnk u/Thnx/ty
  3. What’s up? = Wassup? /Wts up?/ Wtz up?/Sup?
  4. Before = B4
  5. Later = L8r
  6. Night= Ny8
  7. You = u/
  8. Are = R
  9. Don’t = Dnt
  10. I don’t know = Idk
  11. As soon as possible = Asap
  12. Be right back = Brb
  13. Information = info
  14. What = Wut/Wat
  15. Goodnight = Gn
  16. Take care = Tc
  17. Sweet dreams = Sd
  18. That = dat
  19. See you = Cu
  20. What about you? = Wbu?
  21. Ok = K/Okies/kk
  22. I don’t care = Idc
  23. By the way = Btw
  24. Talk to you later = Ttyl
  25. For your information = Fyi
  26. On the other hand = Otoh
  27. And = N/&
  28. Number = #
  29. Tonight = 2ny8/2nite
  30. For you = 4u
  31. Laughing out loud = Lol/lolz
  32. Message = msg
  33. Text = Txt

Masih banyak lagi contoh penyingkatan kata-kata Bahasa Inggris yang tidak mungkin saya tuliskan satu per satu di dalam artikel ini. Pada dasarnya, tidak ada aturan tertentu yang mengatur tentang pembuatan dan penggunaan singkatan tersebut. Ia lahir dari proses imajinasi dan pemahaman di antara orang-orang yang menggunakannya sampai akhirnya singkatan-singkatan tersebut menjadi populer digunakan.

Penyingkatan kata dalam pesan singkat (SMS) memang terlihat simpel dan lebih cepat, namun juga dapat membuat orang lain kebingungan. Selain itu, penyingkatan kata dalam situasi formal dapat membuat orang lain merasa terganggu. Olehnya itu, kita musti bisa membedakan kapan waktu dan situasi yang tepat untuk menggunakan bahasa sms tersebut dan kapan musti menggunakan bahasa atau kata yang baku. Jika sedang berkomunikasi dengan teman atau saudara, menyingkat kata boleh-boleh saja. Tetapi, jika kita bermaksud mengirim pesan kepada bos, guru, atau siapapun dalam situasi formal, maka peyingkatan kata-kata tersebut tidak dianjurkan.

Demikianlah artikel tentang penyingkatan kata-kata Bahasa Inggris ini. Semoga dengan membaca tulisan ini, kamu bisa smsan dengan lebih santai, rileks, dan nyaman.

Artikel ini diolah dari http://www.englishleap.com/vocabulary/sms-english