Sumber Gambar : sayabisabahasainggris.blogspot.com



Rasa takut adalah perasaan tidak nyaman yang datang dari keyakinan atau pemikiran akan bahaya dari sesuatu hal. Ketakutan bisa berupa hal-hal kecil yang muncul dalam pikiran kamu seperti bahwa kamu tidak akan bisa menguasai Bahasa Ingris, atau pemikiran bahwa sebaiknya kamu menyerah saja belajar Bahasa Inggris karena kamu hanya membuang-buang waktu. Semua itu merupakan contoh bentuk ketakutan yang biasa merasuki seseorang yang sedang mempelajari Bahasa Inggris.

Karena perasaan takut tersebut, seseorang bisa menjadi malu-malu untuk berbahasa Inggris atau khawatir berlebihan akan ditertawai jika melakukan kesalahan. Dan yang paling parah, jika rasa takut itu sampai membuat seseorang sakit kepala, perut, dan lain sebagainya.

Jika kamu membiarkan perasaaan takut menyelimuti diri dan pikiranmu, maka kamu benar-benar akan kesulitan untuk menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatasi perasaan takut tersebut. 

Pertama-tama, kamu harus mengetahui penyebabnya. Apakah kamu takut ditertawai, apakah kamu takut tidak tahu mau ngomong apa, atau apakah kamu takut orang lain tidak paham apa yang kamu  katakan?

Setelah mengetahui penyebab rasa takut tersebut, sekarang waktunya kamu mengatasi masalah tersebut. Pikirkan skenario terburuk jika kamu tetap menyimpan rasa takut tersebut. Bayangkan apa yang terjadi jika kamu terus-terusan menyimpan rasa takut tersebut? Setelah itu, tentu kamu tidak mau hal yang kamu bayangkan itu terjadi, kan? Kamu tentu tidak mau pembelajaran Bahasa Inggrismu terhambat bukan? Oleh karena itu, mulailah berpikir positif dan jangan pernah takut lagi untuk berbahasa Inggris. Kesalahan dalam berbahasa Inggris adalah hal biasa bagi sesorang yang dalam proses pembelajaran. Yang salah adalah jika kamu takut untuk mencoba dan takut untuk salah. Jadi, mulai sekarang, JANGAN PERNAH TAKUT LAGI !

Artikel ini diolah dari http://english-tonight.com/fear-is-whats-stopping-you-from-speaking-english/