Monday, November 30, 2015

Mengapa Tak Boleh Ucapkan “Ah” pada Orang Tua?

KITA mungkin belum jadi orang tua. Tapi sudah pasti jadi seorang anak. Sebagai seorang anak hendaknya taat dan hormat kepada orang tua, terutama ibu. Karena kita tidak akan pernah bisa membalas jasa mereka. Namun sayang anak jaman sekarang lebih banyak membantah perkataan orang tuanya dibanding menuruti perintahnya.

Coba kita lihat pengornbanan seorang ibu yang telah mengandung, melahirkan, menyusui serta mendidik kita hingga kita sekarang. Dan ayah yang rela menjadikan kaki sebagai kepala, kepala menjadi kaki. Untuk apaa dan siapa? Untuk kita, ibu tak pernah lelah panas dan hujan dihantamnya.
Allah SWT berfirman:

firman allah

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Q.S Luqman, 31:14).

Berbuat kebaikan artinya kita harus mendengarkan pepatah kedua orang tua, menuruti segala perintahnya, mengagungkan keduanya, menyenangkan hati keduanya, berusaha tidak menjengkelkan keduanya, serta tudak mengeluarkan perkataan yang kasar kepada keduanya.

Allah SWT berfirman: “Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Israa: 23-24).

Pengakuan dan penghormatan terhadap kedua orangtua disebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak sebelas kali; dan dalam tiap kalinya, Allah mengingatkan kepada anak-anak mereka untuk selalu mengakui dan menghargai rasa kasih sayang yang telah diberikan orangtua mereka. Dalam ayat ini, Allah meminta kepada kita untuk mengakui kedua orangtua:

“Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapak-nya.” (QS. Al-Ankabut: 8 dan Al-Ahqaaf: 15)

Untuk itu mari kita menghormati serta mendo’akan mereka. Seperti mereka telah menyayangi kita sewaktu kita masih kecil. [santi/islampos/perhiasan]

Sumber: https_www_islampos_com/mengapa-tak-boleh-ucapkan-ah-pada-orang-tua-116770/