Sumber Gambar : www.sekolahbahasainggris.com


Misalkan, kamu sedang curhat kepada temanmu yang merupakan seorang English native speaker (orang yang bahasa utamanya adalah Bahasa Inggris) tentang kisah percintaanmu yang baru saja berakhir. Mungkin kamu akan sangat terkejut jika dia tiba-tiba berkata kepadamu, “Don’t worry about it man, girls like that are a dime a dozen!” Kemudian kamu akan menatap temanmu itu kebingungan karena kamu heran mengapa temanmu itu membanding-bandingkan perempuan yang kamu cintai dengan uang $1.20.
Sebenarnya, “dime a dozen” pada konteks tersebut tidak berarti uang $1.20. “A dime a dozen” dalam konteks ini berarti sesuatu yang banyak dan mudah didapat. Frasa tersebut merupakan idiom (ungkapan) dalam Bahasa Inggris. Ada banyak idiom yang biasa digunakakan dalam Bahasa Inggris. Namun, pada artikel ini kami hanya akan menguraikan makna dari 5 ungkapan yang umum digunakan.

Piece of cake
Apabila seseorang berkata, “The assignment I just finished was a piece of cake,” itu tidak berarti bahwa guru atau dosennya menyuruhnya membuat kue. Namun, ‘piece of cake’ dalam hal ini berarti sesuatu yang sangat mudah untuk dikerjakan.

Cost an arm and a leg
‘Cost an arm and a leg’ berarti sesuatu yang sangat mahal

Break a leg
Misalnya, kamu akan mengikuti ujian. Sebelum kamu masuk ke kelas, temanmu mengirim sms kepada kamu dan mengatakan, “Break a leg!” Apa yang kamu pikirkan? Apakah kamu mengira temanmu ingin kakimu patah? Tentu tidak. ‘Break a leg’ dalam konteks ini berarti ‘selamat bekerja!’

Hit the books
Jika kamu seorang siswa atau mahasiswa Bahasa Inggris, mungkin ungkapan ini tidak asing lagi di telingamu. Ya, ‘Hit the books’ berarti belajar.

Let the cat out of the bag
Jangan sampai kamu berpikir mengapa seseorang memasukkan kucing ke dalam tas dan apa yang telah dilakukan kucing itu sehingga seseorang memasukkannya ke dalam tas. ‘Let the cat out of the bag’ sebenarnya berarti membocorkan rahasia.

Itulah lima ungkapan yang sering digunakan di dalam Bahasa Inggris. Mudah-mudahan dengan mengetahui lebih banyak ungkapan Bahasa Inggris, kamu tidak akan salah paham lagi jika seseorang menggunakan ungkapan Bahasa Inggris saat berbicara kepadamu. Aaaaamiin :D

Artikel ini diolah dari https://voxy.com/blog/index.php/2012/02/top-10-most-common-idioms-in-english/