ILUSTRASI (menyerap.blogspot.com)


Pada postingan sebelumnya, kami telah menguraikan tentang 5 idiom atau ungkapan Bahasa Inggris yang umum digunakan. Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan 5 idiom lagi yang insya Allah akan bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari Bahasa Inggris. Mengapa memahami idiom itu penting? Karena jika tidak, kamu bisa saja salah memahami apa yang English speaker (pembicara Bahasa Inggris) katakan. Well, berikut kelima ungkapan yang banyak digunakan dalam Bahasa Inggris.

Hit the nail on the head
‘Hit the nail on the head’ berarti mengatakan atau melakukan sesuatu yang tepat (benar).

When pigs fly
Pernahkah kamu melihat babi terbang? Tidak pernah? Ya, begitupun dengan saya. ‘When pigs fly’ sebenarnya berarti sesuatu yang tidak akan pernah terjadi seperti halnya babi yang akan pernah bisa terbang.

You can’t judge a book by its cover
Sudah berapa banyak buku yang sebenarnya bagus namun tidak pernah kamu baca hanya karena sampulnya tidak menarik di matamu? Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk merujuk kepada buku. Namun, ungkapan ini juga bisa digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang lain. Ketika seseorang berkata kepadamu, “You can’t judge a book by its cover,” itu berarti kamu seharusnya tidak menilai sesuatu dari penampilan atau tampilan luarnya.

Bite off more than you can chew
Bayangkan seorang pelayan dari restoran favoritmu membawakanmu hamburger yang paling besar. Karena kamu begitu lapar, kamu segera mengambilnya dan hendak memakannya. Namun, karena potongan yang kamu ambil terlalu besar, maka kamu akan terlihat seperti seorang idiot yang mencoba menelan potongan burger yang terlalu besar. Itulah arti harfiah dari idiom ‘Bite off more than you can chew’. Dalam konteks umum, ungkapan ‘Bite off more than you can chew’ ini berarti mencoba mengambil sebuah tugas atau pekerjaan yang terlalu banyak untuk bisa kamu selesaikan.

Scratch someone’s back
‘Scratch someone’s back’ berarti menolong seseorang dengan mengharapkan balasan.

Demikianlah 5 idiom (ungkapan) yang juga sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aaaaamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.