Sumber Gambar : belajarinternet100.blogspot.com

Langkah pertama dalam mendapatkan traffic dari mesin pencari adalah dengan men-submit Url ke mesin pencari tersebut. Dengan mensubmit URL, website kamu akan cepat terindeks dan muncul di halaman pertama. 

Submit URL sebaiknya dilakukan setiap kali kamu menambahkan halaman baru atau artikel baru pada website kamu. Misalkan, website kamu adalah www.contoh.com. Setelah kamu submit URL www.contoh.com tersebut, kamu juga musti men-submit URL setiap halaman dari website kamu tersebut, seperti www.contoh.com/2015/11/halaman1. hal ini dilakukan agar tidak hanya homepage website kamu yang terindeks, tapi juga halaman-halaman lain dari website kamu tersebut.

Sebenarnya, meskipun tanpa di-submit, URL pada akhirnya akan terindeks oleh mesin pencari. Namun, itu akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi, jika kamu ingin website atau artikel kamu cepat terindeks, kamu harus mengindeks website atau artikel tersebut. Oleh karena itulah, dalam artikel ini, kami akan berbagi tentang cara submit URL ke beberapa mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.


Cara submit url ke Google:

  1. Masuk ke http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
  2. Setelah itu, silahkan masuk ke akun Google kamu
  3. Ketik alamat url yang ingin kamu submit.
  4. Masukkan captcha
  5. Klik Add URL
Cara submit ke Bing:

  1. Masuk ke http://www.bing.com/docs/submit.aspx
  2. Ketik alamat url yang akan kamu submit
  3. Masukkan captcha
  4. Klik Submit Url
Cara submit URL di Yahoo:

  1. Masuk ke alamat http://search.yahoo.com/info/submit.html
  2. Klik Submit Your Site for Free
  3. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke Bing. Ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dan kemudian submit URL mu.
Demikian cara submit URL ke beberapa mesin pencari. Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, kamu tinggal tunggu hasilnya. Terkadang url yang kita submit tidak langsung terindex. Dan sebaiknya hindari submit URL lebih dari satu kali pada setiap mesin pencari agar tidak dianggap spam yang mengakibatkan URL kamu malah tidak terindeks sama sekali.

Jika artikel ini menarik dan bermanfaat, silahkan dishare ke teman-teman kamu melalui sosial media dan lain sebagainya. Dan jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini, kamu bisa tulis kritik dan saran kamu pada kolom komentar di bawah.

Artikel ini diolah dari http://safehouseweb.com/how-to-submit-url-to-google-bing-yahoo-and-ask/