Sumber Gambar : www.kuliahbahasainggris.com

Kemampuan menulis (writing) - khususnya dalam Bahasa Inggris – datang dari latihan dan tekad yang kuat. Tidak seorang pun di dunia ini terlahir dengan kemampuan menulis. Belajar menjadi penulis yang baik tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan juga latihan. Setiap orang bisa menjadi penulis yang hebat selama mereka memiliki tekad yang kuat di dalam diri mereka.

Setiap orang memiliki alasan berbeda mengapa mereka belajar menjadi penulis yang baik. Ada yang belajar karena tuntutan pekerjaan, perkuliahan, atau bisa juga kerena mereka hendak menulis blog atau menjawab email dengan Bahasa Inggris untuk keperluan bisnis.

Di bawah ini, kami akan menguraikan tips-tips untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris:

Kumpulkan tulisan-tulisanmu pada satu tempat khusus
Dengan menyimpan tulisan-tulisan pada tempat yang sama, kamu bisa mengetahui sejauh mana perkembanganmu dalam menulis.

Berlatihlah menulis setiap hari dalam Bahasa Inggris
Menulis setiap hari dengan menggunakan Bahasa Inggris akan membuat tulisanmu lebih natural. 

Tentukan topik yang kamu bahas dan mulailah menulis
Jangan berhenti atau berlama-lama dalam menentukan topik yang akan kamu bahas. Kamu bisa menulis tentang apapun. Kamu bisa menulis tentang apa yang kau lakukan, sesuatu yang kau lihat dan dengarkan, berita, ataupun cerita. 

Revisi draf jika diperlukan
Draf adalah tulisan yang masih dalam tahap persiapan. Terkadang, tulisan terbaik datang dari draf yang direvisi berulang kali. Jika kamu merevisi tulisan kamu, maka pesan yang kamu ingin sampaikan akan lebih jelas karena kamu bisa saja memikirkan sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya. 

Gunakan alat untuk mengecek grammar
Untuk mengecek grammar yang ada pada tulisan kamu, kamu bisa menggunakan internet. Ada banyak situs yang bisa kamu gunakan seperti Grammarly, GrammarCheck, atau GrammarBook.com. Atau kamu bisa juga melakukannya secara offline dengan memanfaatkan fitur spell and grammar check yang ada pada Microsoft Word. 

Berpikir kreatif 
Hindari menulis tentang hal-hal yang sama setiap hari. Menulis tentang hal-hal yang sama berulang kali hanya akan membuat tulisanmu menjadi membosankan. Oleh karena itu, kamu harus kretif. 

Carilah teman untuk membantumu 
Carilah teman yang bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Hal itu akan berguna untuk memberimu lebih banyak ide sehingga tulisanmu akan lebih baik. Selain memberimu ide, dia juga bisa membantumu mengoreksi kesalahan penulisan yang luput dari perhatianmu.

Carilah tempat dan waktu yang baik untuk menulis
Cobalah untuk menulis pada tempat atau waktu yang bisa membuatmu mudah untuk menulis. Misalkan kamu sulit untuk menulis di malam hari, kamu sebaiknya bangun lebih awal dan menulis di pagi hari. Atau kamu tidak bisa menulis jika banyak suara, cobalah menulis di tempat yang tenang dan nyaman.

Sekian tips-tips untuk menjadi penulis (Bahasa Inggris) yang baik. Semoga tulisan ini bermanfaat :D

Artikel ini diolah dari http://english-tonight.com/8-tips-to-improve-english-writing-skills/