Sumber Gambar : bahasainggris-jepang.blogspot.sg

Kamu mungkin menyadari bahwa dalam beberapa tahun terkahir, kefasihan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris merupakan simbol kesuperioran (kehebatan) seseorang. Cara kamu berkomunikasi dan berbicara dalam Bahasa Inggris mencerminkan apakah kamu adalah pihak yang menang atau kalah dalam persaingan global yang semakin sengit. Sebenarnya, mudah atau tidaknya berbicara dalam Bahasa Inggris bergantung pada usaha kita masing-masing. Jadi jangan takut, semua bergantung pada diri kamu sendiri. Baca dan cerna tips-tips di bawah ini agar kamu bisa cepat fasih atau lancar dalam berbahasa Inggris.

Berpikirlah dalam Bahasa Inggris
Pikiran merupakan senjata yang sangat ampuh, maka manfaatkanlah. Berbicaralah pada dirimu sendiri dalam Bahasa Inggris dan biarkan pikiranmu memproses segalanya dalam Bahasa Inggris.

Jangan menerjemah ketika berbicara
Menerjemah setiap kata dari bahasa sehari-hari ke dalam Bahasa Inggris hanya akan menghambat perkembanganmu.

Berbicaralah dalam Bahasa Inggris sesering mungkin
Jangan takut salah. Belajar Bahasa Inggris itu seperti belajar nyetir. Pertamanya lampu lalu lintas dan kendaraan lain membuatmu takut. Tapi setelah latihan beberapa kali, kamu akan bisa melakukannya (bahkan) tanpa berpikir.

Dengarkan orang lain yang sedang berbahasa Inggris.
Dengar, dengar, dan dengar, baik itu dari radio, televisi, maupun film. Bisa juga dari teman atau guru yang fasih berbicara dalam Bahasa Inggris. Teruslah mendengar. Ini akan membantu meningkatkan pronunciation (pelafalanmu) dan aksenmu.

Belajarlah mengungkapkan sesuatu dengan cara yang berbeda
Sebagaimana bahasa-bahasa lainnya, suatu maksud dapat diungkapkan dengan berbagai macam bentuk atau pola kalimat. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara yang berbeda. Hal ini dapat membantumu mahir dalam membentuk kalimat yang lebih sederhana dan jelas.

Pastikan ada seseorang yang bisa mengkoreksimu jika kamu salah
Melakukan kesalahan itu manusiawi. Jadi, musti ada seseorang yang mampu mengoreksi Bahasa Inggrismu. Jika tidak, maka kamu akan terus melakukan kesalahan itu dan akan tersimpan di dalam otakmu sehingga akan sulit bagi kamu untuk memperbaikinya kemudian.

Tetaplah percaya diri
Terkadang kita kehilangan kepercayaan diri saat mempelajari Bahasa Inggris. Namun jika kamu melihat ada perkembangan di dalam diri kamu, tentu kamu akan kembali termotivasi. Jadi, buatlah catatan tentang apa yang telah kamu capai dalam pembelajaran Bahasa Inggrismu. Dengan itu, kamu akan terus termotivasi untuk fasih berbahasa Inggris.

Sebaiknya jangan mempelajari banyak hal secara bersamaan
Jangan mempersulit dirimu dengan mencoba mempelajari banyak hal secara bersamaan. Reading (membaca), writing (menulis), dan lain-lain sebaiknya tidak dipelajari sekaligus. Jadi jika tujuanmu untuk fasih berbicara (speaking) dalam Bahasa Inggris, maka konsentrasilah untuk meningkatkan kefasihan berbicaramu.

Jadikan Bahasa Inggris sebagai sesuatu yang menyenangkan
Jika kamu membayangkan belajar Bahasa Inggris seperti sebuah kontes atau balapan yang menyenangkan, maka kamu akan mampu melakukannya sampai akhir. Jadi, buatlah pelajaran Bahasa Inggris menyenangkan dan nikmatilah setiap momennya.

Jika kamu tekun dan menerapkan semua tips-tips di atas, maka insya Allah Bahasa Inggris kamu (khususnya dalam berbicara) akan terus meningkat. Aaaaamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.