Sumber gambar : www.digitaltrends.com


Ada banyak sekali kelebihan file PDF. Selain compatible (cocok) dengan hampir semua sistem, file PDF juga tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan, dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya. Namun, terkadang kita perlu mengkonversi file PDF ke Microsoft Word untuk mengedit (mengubah) konten yang terdapat di dalamnya dan kemudian bisa dikonversi kembali ke dalam bentuk PDF. Oleh karena itu, pada kali ini, kami akan menguraikan tentang cara mengubah (convert) file PDF ke dalam bentuk Microsoft Word.


Convert dengan menggunakan Adobe Acrobat

  1. Buka file PDF dengan Adobe Acrobat;
  2. Di bawah menu Tools, pilih Content Editing, dan kemudian Convert File to Microsoft Word Document;
  3. Tulis nama file yang diinginkan dan tentukan di mana file akan disimpan, kemudian klik Save.

Catatan:Kamu harus menggunakan versi yang berbayar untuk menggunakan cara di atas. Atau kamu juga bisa memanfaatkan trial 30 hari gratis yang software ini tawarkan.



Convert tanpa menggunakan Adobe Acrobat

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengkonversi file PDF kamu secara online pada website docs.zone. Website ini memiliki banyak jenis alat pengkonversi, salah satunya adalah pengkonversi file PDF ke Word. Dengan website ini, kamu juga bisa mengkonversi beberapa file sekaligus. Namun, sebaiknya kamu tidak menggunakan cara ini untuk mengkonversi file yang isinya bersifat rahasia karena kita tidak bisa memastikan berapa lama file akan tersimpan di server dan siapa saja yang mungkin bisa membukanya. 

Berikut langkah-langkah mengkonversi file PDF ke Word secara online:


  1. Masuk ke docs.zone pdf to docconverter.
  2. Klik Select Files... untuk memilih file yang akan kamu convert.
  3. Setelah kamu memilih (semua) file yang akan dikonversi, klik Open;
  4. Setelah proses konversi selesai, kamu bisa download file kamu pada halaman tersebut.

Demikianlah uraian tentang cara mengubah format file dari format .pdf menjadi format .doc. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat bagi kamu dan juga bagi para pembaca lainnya. Aaaaamiin.

Artikel ini diolah dari http://www.digitaltrends.com/computing/convert-pdf-to-word/