Semua gambar pada artikel ini diambil dari www.digitaltrends.com

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengubah (convert) sebuah file PDF menjadi sebuah JPG (gambar). Meskipun PDF mampu memuat atau menyatukan teks dan gambar, namun PDF seringkali memerlukan aplikasi eksternal atau plug-in. Apalagi, tentu PDF juga tidak diperlukan jika file kamu hanya terdiri dari satu halaman atau satu gambar. Juga, rata-rata aplikasi office mampu memuat gambar (JPG) dengan lebih baik. Dan file JPG pada umumnya memiliki loading yang lebih cepat daripada file PDF. Untungnya, kamu tidak perlu membeli software premium seperti Adobe Suite untuk mengkonversi file tersebut.
Nah, pada artikel ini, kami akan memaparkan tentang cara mengubah atau mengkonversi file PDF menjadi JPG (atau sebaliknya) dengan menggunakan Cloud Convert (berbasis web).


Dengan menggunakan Cloud Convert, kamu bisa mengkonversi bermacam-macam forrmat file. Waktu yang dibutuhkan untuk mengkonversi juga tidak lama (hanya dalam beberapa detik). Dan juga kamu tidak akan diminta mengisi alamat email atau membuat akun untuk menggunakan layanan ini. Serta, dengan Cloud Convert ini, kamu bisa mengkonversi file langsung dari suatu situs, Google Drive, dan juga Dropbox.

Berikut langkah-langkah menggunakan Cloud Convert:
Langkah 1: Buka browser pada komputer kamu dan masuk ke situs utama Cloud Convert.
Langkah 2: Klik tombol Select File, kemudian pilih file yang akan kamu convert. 


Langkah 3: Pada bagian select format output and options, klik ikon tanda panah (drop-down), kemudian arahkan kursor ke image, dan pilih jpg (atau pdf jika kamu ingin mengkonversi jpg ke pdf). Setelah itu, klik ikon pengaturan untuk mengatur page range, image size (ukuran gambar), pixel density, dan lain-lain. Pada bagian convert it, kamu pilih cara yang kamu inginkan untuk mendapatkan hasil convert file kamu (jika kamu ingin meyimpannya di Dropbox, Google Drive, dll). Tapi, jika kamu ingin menyimpan langsung file hasil convert tersebut di komputer kamu, abaikan saja bagian convert it tersebut.


Langkah 4: Klik tombol merah yang bertuliskan Start Conversion. Tunggu sampai file kamu selesai dikonversi. Dan terakhir, kilk tombol Download, atau buka email atau dropbox kamu bergantung mana yang kamu pilih sebelumnya untuk menjadi target penyimpanan file hasil konversi.
 
Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengkonversi file PDF kamu ke JPG (atau sebaliknya). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Aaaaamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.