Sumber Gambar : brechonana.blogspot.com

Kosakata (vocabulary) itu seperti kebun yang dipenuhi bunga-bunga. Artinya, kosa katamu musti penuh dengan kata-kata baru agar Bahasa Inggris yang kamu ucapkan atau kamu tulis lebih menarik. Dalam membangun atau mempelajari kosakata, seseorang membutuhkan waktu dan juga latihan layaknya membangun sebuah rumah yang butuh waktu sampai berbulan-bulan.

Membangun kosakata secara aktif
Bercakap menggunakan Bahasa Inggris dengan orang lain atau mendengarkan orang Berbahasa Inggris sangat baik dalam memperbanyak kosakata. Selain itu, Gunakan kamus untuk menemukan kosakata baru dan pahami artinya. Untuk menguatkan ingatanmu tentang kata-kata baru tersebut, gunakanlah dalam kalimat.

Cara lain untuk memperbanyak kosa kata baru yang kamu ketahui adalah dengan menulis. Untuk membuat tulisan yang menarik, kamu musti memiliki banyak kosakata karena pembaca tentu akan bosan jika menemukan kata yang sama muncul berulang kali dalam tulisanmu. Jadi, sedikit demi sedikit, kamu akan memiliki banyak kosakata karena kamu harus mencari kata lain yang bisa mewakili pesan yang ingin kamu sampaikan tersebut.

Membangun kosakata secara pasif
Cara yang baik untuk memperbanyak kosakata (khususnya untuk kata benda seperti nama, tempat, dan benda-benda lainnya), yaitu dengan mencatat arti di atas setiap kata yang belum kamu ketahui ketika kamu membaca buku, majalah, dan sebagainya. Menambah kosakata bisa juga dengan menonton film atau mendengarkan musik.

Menghafal dan menggunakan kosakata pada konteks yang tepat
Tidak ada dua kata dalam Bahasa Inggris yang artinya benar-benar sama. Memang ada kata yang sinonim, tapi biasanya digunakan dalam konteks yang berbeda. Oleh karena itu, berusahalah untuk menggunakan kosakata pada konteks yang tepat. Dengan cara ini, kamu akan terlatih untuk menggunakan kata yang tepat pada konteksnya.

Jika kamu telah mengetahui beberapa kosakata baru hari ini, tulislah kosakata tersebut beserta dengan artinya. Tulis dalam kalimat dan letakkan di tempat yang mudah terlihat agar keesokan harinya kamu bisa mereview (mengulang-ulangi) nya. Karena jika kamu tidak mengulang-ulangnya, maka kamu akan mudah lupa dengan kosakata baru tersebut.

Mempelajari kosakata dari beberapa konteks sekaligus tidak dianjurkan. Dan juga gunakan kosakata yang telah kamu ketahui pada konteks yang tepat dalam aktivitas sehari-hari. Dengan ini, otakmu akan terbiasa dan kamu akan dapat menggunakan kosakata yang tepat pada konteks yang tepat pula.

Sekian tips tentang cara memperbanyak kosakata dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat :D

Artikel ini diolah dari https://www.urbanpro.com/a/improve-english-vocabulary-tips-tricks