Memiliki blog itu sangat menyenangkan. Dengan blogging, kamu bisa berbagi tentang apapun yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menghasilkan uang dari blog kamu jika kamu mengelolanya secara profesional.

Ada banyak blogging platform yang menawarkan kepada para penggunanya untuk membuat blog secara gratis alias percuma. Namun, pada postingan kali ini, kita hanya akan membahas salah satu dari platform tersebut, yaitu Blogspot.

Berikut langkah-langkah membuat blog gratis di blogspot.com :

Pertama-tama, masuk ke www.blogger.com


Login dengan akun Gmail

Apabila kamu belum memiliki akun gmail, silahkan klik di sini untuk daftar. Dan jika kamu belum tahu cara daftarnya, kamu bisa lihat tutorialnya di sini.
Pada saat pertama kali log in, kamu akan diminta untuk memilih identitas mana yang akan kamu gunakan, apakah yang dari Google Plus atau yang khusus untuk profil Blogspot. Pada bagian ini, kami menyarankan agar kamu menggunakan profil Google Plus kamu.



Setelah itu, klik Buat Blog Baru


Tentukan judul, alamat, dan template blog yang akan kamu buat

Dalam menentukan alamat blog, terkadang alamat yang kita inginkan sudah dimiliki oleh orang lain dan pastinya tidak bisa kita gunakan. Solusinya adalah silahkan cari alamat lain yang menurut kamu tidak akan sama dengan alamat blog orang lain. Atau, kamu juga bisa menambahkan beberapa angka pada alamat blog kamu agar alamat blog kamu berbeda dengan yang lain.



Setelah itu, klik ‘Buat Blog’

Pada tahap ini, blog kamu sudah jadi. Namun, kamu tentu perlu menulis artikel agar konten atau pos blog kamu tidak kosong.

Mulai nge-blog atau pensil

Untuk mulai menulis, kamu bisa klik mulai nge-blog atau bisa juga dengan mengklik gambar pensil yang ada pada halaman blog kamu.



Tulis artikel

Silahkan tulis artikel yang menarik, unik, dan berkualitas agar banyak orang yang tertarik untuk membaca tulisan kamu tersebut.

Terakhir, klik Publikasikan


Sekian tutorial singkat tentang cara membuat blog gratis pada platform Blogspot. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kalian semua para pembaca. Aaaaamiin.


Sumber gambar : https://www.maxmanroe.com