Manfaat salat duha memang sangat banyak baik untuk jasmani maupun rohani, sehingga akan sangat baik jika dilakukan setiap hari. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat dari salat duha. Salat duha sendiri merupakan salat yang dilakukan pada saat matahari baru terbit sekitar pukul 08.00 sampai dengan waktu duhur.

Manfaat salat duha sendiri memang sangat banyak dan tentu saja sangat bermanfaat untuk seseorang, selain untuk membukakan pintu rezeki agar lebih baik, salat duha sendiri juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan dan juga kecantikan.
Adapun beberapa manfaat saat duha untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut:

Manfaat salat duha untuk kesehatan

Yang pertama adalah manfaat untuk kesehatan, salat duha sendiri memang tidak hanya bermanfaat untuk rohani saja melainkan juga untuk kesehatan. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena di dalam salat duha terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan. Salat duha juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu kegiatan dalam berolahraga.

1. Olahraga tanpa disadari

Penjelasannya sendiri adalah salat duha dilakukan pada saat masih pagi hari yaitu sekitar pukul 08.00 sampai dengan menjelang duhur, dan jam-jam tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Menunaikan salat duha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki.Manfaat gerakan salat memang dapat memberikan efek olahraga tanpa disadari.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain itu juga salat duha membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam salat duha sangat lengkap.
Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

3. Menormalkan produksi hormon

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi salat duha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormone dalam tubuh.
Manfaat salat duha untuk rohani

4. Membuat jiwa lebih tenang

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan karena beberapa gerakan yang sangat mempengaruhi kondisi tubuh, salat duha juga sangat bermanfaat untuk menjaga rohani, yang mana nantinya jiwa akan menjadi lebih tenang, terlebih lagi jika rezeki memang sudah dibukakan dan dipermudah di dalam mendapatkan rezeki.

5. Menghilangkan stres
Selain itu salat duha maupun salat yang lainnya akan membantu umat muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga terhindar dari stres.
Stres sendiri merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya sudah bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang namun jika ditambah dengan salat duha tentu saja akan jauh lebih tenang.
Jadi menurut sebagian besar orang, melakukan sholat dhuha sendiri memang akan mendapatkan ketenangan dan juga rezekinya lancar sehingga beberapa umat muslim melakukan/menjalankan salat duha setiap hari.

Manfaat salat duha untuk kecantikan

Kecantikan merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan oleh semua wanita, oleh karena itu selain dengan melakukan perawatan, umat muslim bisa juga merawat kecantikan dengan melakukan salat baik salat wajib/salat 5 waktu maupun sunah, salah satunya salat duha.

6. Kebersihan muka
Selain beberapa manfaat di atas, salat duha juga sangat bermanfaat untuk kecantikan yang mana pada saat berwudhu wajah akan dibasuh dengan air bersih sehingga kulit juga akan selalu terjaga kebersihannya. Kemudian juga pada saat berwudhu dan saat membasuh wajah dengan tepat tentu saja kulit akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat agar awet muda.

7. Wajah berseri
Selain itu juga dengan menjalankan salat duha serta salat 5 waktu tentu saja kecantikan akan terpancar secara alami dengan sendirinya sehingga setelah berwudu serta menjalankan salat biasanya wajah seseorang akan terlihat lebih berseri. Dan hal tersebut juga sudah banyak yang membuktikannya.

Manfaat salat duha untuk kesuksesan
Selain berusaha, berdoa juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan bagi setiap orang, untuk umat muslim sendiri cara berdoa adalah dengan menjalankan ibadah salat, termasuk salat duha.

8. Membuka pintu rezeki
Pada dasarnya salat duha memang sangat bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, tak hanya itu tetapi juga akan membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha, oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan salat duha tersebut.
Jadi itulah beberapa yang perlu diketahui oleh semua umat muslim mengenai manfaat salat duha.(manfaat.co.id)