Friday, October 16, 2015

Ingin Meggunakan Catatan Ketika Presentasi Tanpa Diketahui Audiens? Ini Caranya


Berkecimpung dalam bidang akademik tentu tidak lepas dari yang namanya presentasi. Ya, baik dosen maupun mahasiswa dituntut untuk mampu mamberikan presentasi di depan orang banyak. Bukan hanya mahasiswa dan dosen sebenarnya, namun beberapa pekerjaan atau profesi lain juga harus akrab dengan presentasi.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika presentasi yaitu ketika kita tiba-tiba lupa apa yang akan kita ucapkan dalam presentasi alias BLANK. Tentu akan sangat memalukan jika pada saat presentasi, kita ‘stuck’ pada satu titik dan tidak tahu mau bilang apa lagi. Oleh karena itu, di sini saya ingin berbagi tips atau trik tentang cara melihat contekan pada saat presentasi tanpa diketahui oleh audiens. Jadi di sini kita akan menggunakan fitur pada Microsoft Power Pointyaitu Speaker Note. Dengan menggunakan Speaker Note ini, kita dapat melihat contekan atau catatan di laptop kita namun contekan tersebut tidak akan muncul pada layar proyektor. Penasaran bagaimana caranya? Check this out:

  1.  Tulis catatan kamu di bawah setiap slide yang diinginkan. Di situ akan ada tulisan ‘Click to Add Notes’. Ketik catatanmu di situ.
  2. Hubungkan kabel proyektor ke laptop kamu. 
  3. Klik tab ‘Slide Show’ yang ada pada bagian atas Microsoft Power Point. 
  4. Centang pilihan ‘Use Presenter View’ 
  5. Klik ‘Check’ 
  6. Pada bagian Multiple Display, pilih ‘Extend These Display’. 
  7. Tekan Enter atau Klik Ok. 
  8. Klik ‘Keep Changes’ 
  9. Setelah itu, silahkan masuk lagi ke tab ‘Slide Show’ dan sekali lagi centang ‘Use Presenter View’. 
  10. Pas di atas Use Presenter View, ada pilihan Show On. Pilih Monitor 2. 
  11. Terakhir, silahkan kamu slide show atau presentasi kan materi mu untuk melihat hasilnya. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka tampilan di laptop mu akan  seperti ini 

Tampilan Pada Laptop

Demikian tips dan trik tentang cara membuat catatan di laptop pada saat presentasi. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, tolong di share agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain. Dan jika terdapat kesalahan pada artikel ini, silahkan tulis komentar kamu di bawah. Terima Kasih.