Sumber Gambar : dbagus.com


Dalam menjalani kehidupan, tidak dapat dipungkiri bahwa uangmerupakan sesuatu yang sangat vital. Memang, tidak semua hal dapat terselesaikan dengan uang. Tapi, hampir semua butuh uang. Mau makan? Perlu uang. Mau sekolah? Butuh uang. Mau berobat? Butuh uang. Bahkan untuk sekedar buang air kecil saja kadang harus dengan uang.

Namun, baik secara sadar atau tidak, kita sering tidak dapat mengontrol keuangan kita. Lihat baju keren, BELI. Lihat arloji cantik, BELI. Lihat Diskon 70% ? BELI ! Ya, fenomena ini banyak terjadi di sekeliling kita. Bahkan, bisa jadi itu terjadi juga pada diri kita sendiri. Mungkin bagi kamu yang bergelimang harta, that’s not problem. Tapi, yakinkah kamu akan terus seperti itu? Oleh karena itu, kita semua musti belajar untuk mengelola keuangan kita.

Well, pada artikel ini, saya akan berbagi tips tentang cara mengelola keuangan. Sebenarnya, tips ini saya tulis untuk para kaum mahasiswa. Namun, saya rasa tips ini juga bisa diterapkan untuk mengatur keuangan keluarga agar tidak tekor :D

So, tunggu apa lagi? Let’s check it out !


  1. Buat daftar kebutuhanmu dalam sebulan. Kamu bisa tulis daftar tersebut di hp kamu, tab, laptop, atau apapun itu yang tidak mudah hilang. 
  2. Kemudian, buat rincian tentang berapa uang yang akan kamu sisihkan untuk setiap jenis kebutuhanmu. Jangan lupa juga untuk menyisihkan beberapa untuk keperluan mendadak yang tak disangka-sangka. 
  3. Nah, setiap kamu membelanjakan uangmu, kurangi jumlah uang di daftar yang telah kamu buat. Misalkan, dalam sebulan kamu menyisihkan uang 150 ribu untuk membeli bensin. Setiap kamu membeli bensin, kurangi 150 ribu tersebut dengan jumlah uang yang telah kamu belanjakan untuk bensin. Jadi, dengan daftar itu, kamu bisa mengetahui berapa sisa uangyang dapat kamu gunakan untuk membeli bensin lagi pada bulan tersebut. 
  4. Update daftar kamu sesering mungkin agar tidak ada pengeluaran yang luput dari catatan kamu. 
  5. Untuk lebih memudahkan, tulis tanggal dan jam kapan kamu terakhir memperbarui catatanmu.


Itulah tips dari saya tentang cara mengelola keuangan pribadi maupun keluarga. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, tolong di share ke teman-teman lain agar kita semua dapat merasakan manfaatnya. Dan jika terdapat kesalahan dalam tulisan saya ini, tulis kritik dan saran kamu pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.