Sumber Gambar : hardisidarta.blogspot.com


Kemampuan mendengar (listening skill) merupakan faktor yang sangat penting dalam berkomunikasi, khususnya dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman saya, mayoritas orang yang sedang belajar Bahasa Inggris menganggap kemampuan listening adalah hal yang paling sulit untuk dilatih. Oleh karena itu, pada artikel ini saya ingin berbagi tips tentang cara mudah melatih atau meningkatkan kemampuan listening.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan listening anda secara drastis:


Perkaya Vocabulary Bank (Kosa Kata) Anda  

Untuk memudahkan dalam melatih kemampuan mendengar, dibutuhkan kuantitas kosa kata yang memadai. Bagaimana mungkin kita bisa mendengar dengan baik jika kita sama sekali tidak mengenal kosa kata yang digunakan pembicara (the speaker)? Untuk mengetahui cara mudahmenambah kosa kata dengan cepat, silahkan klik di sini.


Ketahui Pronunciation (Pelafalan/Ucapan) yang Benar

Pengetahuan tentang pronunciation yang benar juga penting dalam meningkatkan kemampuan listening. Dengan mengetahui pronunciation yang benar, insya Allah, anda akan lebih mudah menangkap apa saja yang disampaikan orang (asing) kepada anda.


Biasakan Diri dengan Audio Bahasa Inggris

Selain memiliki kuantitas kosa kata (vocabulary bank) dan ilmu pronunciation yang baik, tentunya anda harus membiasakan diri anda untuk mendengarkan kata-kata Bahasa Inggris, baik itu percakapan, musik, berita, dan lain sebagainya.

Secara pribadi, untuk meningkatkan kemampuan listening, saya secara rutin mengunjungi situs learningenglish.voanews.com. Pada situs tersebut, kita dapat menemukan kumpulan berita dalam Bahasa Inggris. Keistimewaan dari situs ini adalah karena ia menyediakan hingga tiga format dalam satu berita yaitu video, audio, dan teks. Dengan ketiga format ini, tentu kita akan lebih mudah dalam melatih kemampuan listening kita. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan format audionya (anda bisa juga memilih format video jika memiliki kuota yang berlimpah). 

  2. Coba dengarkan baik-baik kata demi kata yang diucapkan si pembawa berita.

  3. Ulangi sesering mungkin yang anda bisa agar anda bisa menangkap isi dari berita tersebut.

  4. Setelah itu, anda bisa melihat format teksnya untuk mengetahui apa yang sebenarnya diucapkan oleh si pembaca berita.

Sabar

Perlu diketahui bahwa melatih kemampuan mendengar ini memerlukan kesabaran. Semua hal butuh proses. Dibutuhkan latihan yang rutin untuk hasil yang terbaik. Semakin anda sering melatih diri anda dengan audio Bahasa Inggris, semakin terbiasa telinga dan otak anda dengan kata-kata Bahasa Inggris sehingga lambat laun kemampuan listening anda akan meningkat.

 

Berdoa

Apabila kita telah berusaha semaksimal mungkin, maka kita tinggal bertawakkal seraya berdoa kepada Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha, namun tetap Tuhan-lah Yang Maha Kuasa yang menentukan segalanya. 


Sebenarnya, ada satu cara lagi yang lebih ekstrim yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan listening. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Cari video/audio Bahasa Inggris dengan durasi 1-2 menit
  2. Sebaiknya anda pilih video/audio yang paling menarik menurut anda. Jika anda menggunakan video, jangan mengambil yang ada subtitle-nya. Untuk mendapatkan berbagai macam video Bahasa Inggris, anda bisa mengakses www.youtube.com. 
  3. Berusahalah untuk menulis kata demi kata dari video tersebut.

Sekian artikel tentang cara mudah meningkatkan kemampuan listening. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Jika dalam artikel saya ini terdapat kesalahan-kesalahan yang luput dari perhatian saya, silahkan tulis komentar anda di bawah. Namun, harap berkomentar dengan sopan ya!