Sumber Gambar : http://hindayani.com/

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, menguasai Bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting. Banyak kantor dan perusahaan bahkan mengharuskan karyawannya untuk mampu berbahasa Inggris. Oleh karena itu, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika orang berbondong-bondong untuk mempelajari Bahasa Inggris, baik dengan belajar sendiri, les, ataupun dengan masuk jurusan Bahasa Inggris pada perguruan tinggi.


Salah satu faktor utama untuk menguasai Bahasa Inggris adalah memiliki kosakata yang memadai. Seseorang tentu tidak dapat fasih dalam berbahasa jika kosakata yang dimilikinya sangat minim. Andai kata pun ia memiliki pengetahuan tentang tenses dan grammar yang cukup namun kosakataya kurang memadai, pasti ia akan kesulitan dalam berbahasa.


Berikut ini saya akan membagi pengalaman saya tentang cara mudah dan cepat untuk meningkatkan vocabulary bank (kosakata) : 

Cari Bacaan yang Menarik 

Untuk memperkaya vocabulary bank, kita musti tekun membaca, baik itu berupa buku, novel, majalah, dan lain sebagainya. Bacaannya tidak perlu panjang. Yang penting adalah kita rutin melakukannya. Pilihlah bacaan yang menarik atau sesuai dengan minat anda. Misalnya,anda seorang pecinta sepak bola, anda bisa membaca artikel-artikel tentang bola yang tentunya dalam Bahasa Inggris.


Catat atau Tandai Kata-Kata yang Anda Tidak Tahu Artinya

Cari Arti Kata-Kata Tersebut dan Isi Waktu Senggang Anda dengan Mempelajari atau  Menghafalnya

Pelajari Cara Pelafalannya yang Benar 

Mengetahui pelafalan yang benar tentu sangat penting dalam berkomunikasi. Dengan melafalkan kata-kata dengan benar, orang akan lebih mudah mengerti maksud yang anda sampaikan. Demikian pula sebaliknya, anda akan lebih mudah memahami apa yang orang (asing) katakan kepada anda jika anda mengetahui pelafalan kata-kata yang benar.


Praktikkan pada Kehidupan Sehari-hari 

Agar kosa kata baru anda melekat dengan kuat di kepala anda, sebaiknya praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mengajak teman anda yang juga sedang belajar Bahasa Inggris untuk bercakap. Atau jika tidak ada orang, anda bisa mendeskripsikan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Apabila terdapat kata yang anda belum tahu Bahasa Inggrisnya, anda bisa menyelinginya dengan Bahasa Indonesia sampai akhirnya anda benar-benar fasih berbahasa Inggris (aaaaamiin). 

Sekian artikel tentang cara menghafal kosakata dengan cepat dan mudah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Jika dalam artikel saya ini terdapat kesalahan-kesalahan yang luput dari perhatian saya, silahkan tulis komentar anda di bawah. Namun, harap berkomentar dengan sopan ya!